Anda dan Kartu Nama

Tas dengan penyimpanan identitas
Ada pepatah yang mengatakan kalau "Anda tak akan pernah mempunyai kesempatan kedua untuk memberikan kesan pertama." Anda setuju?

Itu sungguhlah benar. Dan dalam keseharian anda bekerja, kesan pertama ditentukan oleh penampilan. Ketika anda berada dalam sebuah pertemuan bisnis dengan seseorang rekan baru, anda dituntut untuk berpenampilan sempurna, baik dalam busana, maupun aksesori seperti tas.

Kemudian, kesan pertama itu bisa tinggal lama bila anda meninggalkan kartu nama yang berkesan. Kartu nama adalah perwakilan anda pada rekan bisnis anda. Kartu nama yang biasa-biasa saja tentu tak akan menarik perhatian. Apa yang perlu anda pikirkan dalam membuat kartu nama?

1. Desain
Desain janganlah terlalu ramai dengan menjejalkan segala macam informasi. Cukuplah memberikan apa yang penting pada kartu nama itu. Tren sekarang saat ini adalah minimalis, alias hanya satu atau dua keterangan yang penting. Tuliskan nama perusahaan anda dan nomor kontak serta email. Buang jauh-jauh pikiran untuk memberikan alamat di kartu nama. Sebab, kalau rekan bisnis anda ingin tahu alamat anda, cukup menghubungi nomor telepon atau email anda, bukan?

2. Timing
Kapan sebaiknya anda memberikan kartu nama? Jangan terlambat. Pada saat anda pertama kali bertemu, segera ajak untuk bertukar kartu nama. Bila anda melakukannya di saat akhir pertemuan, besar kemungkinan kartu nama anda akan sembarang diletakkan di mana saja oleh rekan baru anda.

3. Penyimpanan
Di mana anda menyimpan kartu nama anda? Di dompet? Di saku blazer? Dibawa di tangan? Semuanya tergantung pada kesempatan. Namun lebih baik bila anda meletakkannya di tempat yang sangat mudah dijangkau. Lalu, pilihlah tas yang mempunyai tempat khusus untuk menyimpan kartu. Dengan demikian, anda mempunyai keuntungan ganda, yaitu dengan mudah mengambil kartu nama anda, dan juga mudah menyimpan kartu nama rekan bisnis baru anda.Ingat, keseriusan anda menyimpan kartu nama rekan bisnis anda menunjukkan anda serius dalam berhubungan dengannya.

Nah, sudah siap membuat atau mengganti kartu nama anda? 

Teks: taskantorwanita.blogspot.com
________________________________________
Disclaimer: Teks dan foto adalah properti taskantorwanita.blogspot.com. Penggunaan dan reproduksi di media apapun dalam bentuk apapun harus seizin taskantorwanita.blogspot.com (contact: ernaclaratarigan@yahoo.com)